In the Soviet Army it takes more courage to retreat than to advance.
-Joseph Stalin

Minggu, 02 Oktober 2011

SU-152 "Zveroboy"(Beast Killer/Pembunuh Monster)

SU-152(Samokhodnaya Ustanovka-152) adalah self-propelled gun kelas berat Uni Soviet dalam Perang Dunia Dua.Meski awalnya dirancang untuk menghancurkan pertahanan Jerman,namun juga efektif untuk membunuh tank Jerman-itulah mengapa disebut "Zveroboy" alias Pembunuh Monster karena bisa membunuh monster-monster andalan Jerman.

Asal-Muasal 
Dalam tahap serangan balik Red Army ke Stalingrad(Operation Uranus)muncullah kebutuhan Tentara Merah akan senjata meriam berat yang mobil.Sebelumnya,ada kendaraan tank berat seperti KV-2,namun tidak efisien karena bobot yang berat dan siluet yang besar.Meriam biasa yang ditarik truk/kuda/orang sangatlah tidak efektif karena waktu menarik sangat lama dan bisa saja diserang oleh infantri musuh.Di November 1942,Komite Pertahanan Negara memerintahkan pengembangan Self-Propelled Gun bersenjata howitzer 152mm ML-20.Desember 1942,3 proyek senjata penghancur pertahanan lawan.Proyek yang dirancang Joseph Yakovlevich Kotin berhasil menang setelah serangkaian diskusi.

Tinjauan Teknis
Desain SU-152 mirip dengan kebanyakan SPG Soviet(kecuali SU-76,yang rada-rada mirip Elefant Jerman).Awalnya SU-152 tidak dilengkapi dengan senapan mesin.Akhirnya musim panas 1943,senapan DShK dipasang di SU-152 yang mengalami perbaikan.
ML-20S,senjata utama SU-152

Badan kendaraan yang berlapis baja penuh dibagi menjadi dua kompartemen,kompartemen bagi awak,senjata dan amunisi di depan,transmisi dan mesin dibelakang.Bagian depan dan struktur dilindungi dengan lapis baja berpenempatan miring(sloped armour),lapisan baja samping penempatannya vertikal(standar).Bagian belakang dan badan bagian bawah depan memiliki lapisan baja yang silindris.Meriam ML-20S ditempatkan agak ke kiri dari arah tengah dan memiliki kemampuan memiringkan yang terbatas(12 derajat).3 kru da di kiri meriam,supir di depan,kemudian penembak dan terakhir pengisi senjata.
Suspensi memiliki 12 torsion bars(belum ketemu terjemahan yang tepat)untuk 6 roda jalanan(masing-masing diameternya 600mm) di setiap sisi.. Setiap rantai terbuat dari 90 sambungan yang di-stamping.setiap sambungan lebarnya 608mm.Jarak normal antara 2 sambungan 160mm. Ada 3 tangki internal, kapasitas total 600-615 liter.Biasanya ini didukung dengan 4 tangki external yang bisa menampung 360 liter bahan bakar., .
Untuk pengamatan dari dalam, semua lobang atap dilengkapi periskop dan peralatan teleskopik ST-10 (СТ-10)dan peralatan panoramik. Untuk komunikasi awak,sebuah TPU-4-BisF intercom dipasang, dan untuk komunikasi antar kendaraan dilengkapi radio.  SU-152 seri pertama dilengkapi radio 9R, kemudian 10R dan akhirnya 10RK-26  . Radio ini lebih baik daripada milik Soviet di awal perang walaupun masih kalah dari milik Jerman.
Untuk pertahanan diri,awak SU-152 dilengkapi granat F1(20 buah) dan SMG PPSh-41(2 Buah)

Penggunaan
Meskipun awalnya dirancang sebagai penghancur pertahanan lawan,namun SU-152 menjadi penghancur tank Soviet yang paling efektif,dapat dengan mudah menghancurkan tank Jerman yang terbaik sekalipun.SU-152 biasanya digunakan untuk mendukung infantri dengan tembakan artileri,menghancurkan pertahanan lawan dan sebagai penghancur tank.Namun SU-152 masih cukup lemah melawan 88mm milik Jerman dari jarak jauh karena ML-20 didesain sebagai howitzer serta ketiadaan peluru AP(Armor Piercing)untuk membunuh tank dengan efektif..Pertempuran yang menjadi ajang unjuk gigi SU-152 adalah Pertempuran Kursk,dimana mereka menghancurkan cukup banyak tank Jerman dalam perang tank akbar tersebut.Dari 6 bulan terakhir 1943 sampai akhir perang,SU-152 menjadi SPG utama Soviet.Namun karena jumlah yang menipis akhirnya SU-152 digantikan oleh ISU-152 yang berbasis tank IS.SU-152 terakhir dipensiunkan tahun 1954.
Sumber:
Wikipedia

3 komentar:

  1. Saya yakin kendaraan tempur ini tidak akan mampu melawan Jagdpanther atau Jagdtiger milik Nazi Jerman

    BalasHapus
  2. Beda task mas,ini Assault Gun(semacam StUH atau StUGnya Jerman),yang "dipaksa" jadi Tank Destroyer.Makanya,kelangkaan(bahkan ketiadaan!)Armor-Piercing Shells mengakibatkan kurang efektifnya senjata ini menghadapi tank (dibanding dengan SU-85 yang pure tank destroyer,bukan Assault Gun dipaksa jadi Tank Destroyer),Ketika Jagdpanther dan Jagdtiger muncul,Soviet sudah memiliki ISU-122 dan SU-100 yang berfungsi sebagai Tank Destroyer secara murni(kecuali ISU-122)

    BalasHapus
  3. wiiss... Ini nih kendaraan tempur paling mengerikan bagi soviet,, kabarnya keberadaan su-152 "JUGERNAUT" dan tank is-3 sempat membuat wehrmacht lebih phobia dan khawatir dgn kekuatan tank soviet dbandg sekutu barat macam sherman firerfly, m26 pershing, comet, cromwell dan churcill..

    BalasHapus